Minggu, 29 Januari 2012

pengantar masuk kuliah d3 farmasi di uns semester pertama


Bismillahirohmanirrohim. .

Adik-adik Famasi  Alhamdulillah kita semua dapat dipertemukan dalam salah satu jurusan diploma di fakultas MIPA tercinta ini –D3 FAMASI-. Harus bangga ya jadi anak D3 tidak perlu minder dengan temannya yang S1. Insya Alloh kita tidak akan kalah. Di program diploma kita disiapkan untuk lebih menjadi tenaga teknis kefarmasian yang profesional jaadi siapkan mental, tenaga dan pikiran kita untuk
Famasi, tentu adek-adek sudah  tahu . Kita akan sering berinteraksi dengan yang namanya obat-obatan. Subhnalloh..tentu jurusan ini sangat berdedikasi di bidang kesehatan.
Sebenarnya jujur dari hati yang dalam, saya sendiri kurang suka yang namanya obat, kalau sakitpun, kalau ga kepepet banget walau udah dipaksa bapak ibu, saya ga akan minum obat. Dan dijurusanku ini kita  harus mencintai obat. Karena saya yang akan membuat racikannya, kenapa harus mencintai ??
Iya kan kalau membuat tidak dengan bumbu cinta khasiatnya kurang*mulai ngaco…,sudahlah tidak usah terlalu lama,
Sebenarnya Apakah Obat itu??
…”sesuatu yang pahit, diminum kalo sakit”, jawab si A
…”Sesuatu yang menyembuhkan, dan pahit rasanya”, jawab si b
..”semua yang dijual di apotek “, jawab si c
Itu beberapa pendapat yang mungkin sudah mewakili pendapat dari beberapa orang, dan tidak salah. Definisi obat ialah suatu zat yang digunakan untuk diagnose, pengobatan, melunakkan, penyembuhan atau pencegahan penyakit pada manusia atau pada hewan (Anief, 1995)
Meskipun obat dapat menyembuhkan tapi toh banyak kejadian bahwa seseorang menderita sakit karena obat. Lho terus gimana, minum obat yang seharusnya sembuh, malah sakit, gimana to ? . Nah.. oleh karena itu dapat digunakan bahwa obat dapat bersifat sebagai obat yang menyembuhkan dan juga dapat bersifat sebagai racun. Obat itu akan bersifat sebagai obat apabila tepat digunakan dalam pengobatan suatu penyakit dengan dosis dan waku yang tepat. Jadi nih bila digunakan salah dalam pengobatan atau dengan kelewat dosis akan menimbulkan keracunan. Dan semua itu akan kita pelajari semuanya di Farmasi. Berikut mata kuliah yang ada di semester 1 ini, semoga bermanfaat.

1.    Farmasetika
Mata Kuliah Farmasetika ini , mata kuliah yang sangat amat identik dengan bidang yang kita tekuni ini. Hmm.. dari namanya sudah kelihatan kan ?
Farmasetika  akan mengupas tuntas tentang tata cara dan mempelajari berbagai macam bentuk sediaan obat yang tentu saja akan kita temukan di jurusan farmasi ini. Semester 1 ini Dimulai dengan farmaseika dasar
Berikut acuan buku yang nantinya akan sering kita gunakan untuk penunjang belajar kita
Farmakope Indonesia, Edisi III dan IV, Depkes RI, Jakarta

- Van Duinn, Penuntun Ilmu Resep dalam Praktek dan Teori,   terjemahan, Soeroengan, Jakarta

-  Howard Ansell, Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi,   terjemahan, Penerbit UI, Jakarta

- Syamsuni, Farmasetika Dasar dan Hitungan Farmasi, Erlangga, Jakarta

- Moh Anief, Farmasetika, Gama Press, Yogyakarta

- Martin, Physical Pharmacy, second edition, Philadelphia

Pertama dulu kaget juga buku-bukunya Famasi  Masya Alloh mengalahkan kamus bahasa inggris-indonesia  1 miliar kata. Hohoho_tetapi adek-adek tak perlu kawatir InsyaAlloh tidak seseram yang adek bayangkan. Buku tersebut mungkin akan lebih berguna untuk pembuatan dasar teori laporan praktikum farmasetika.

2.    Praktikum Farmasetika

Adek-adek Kalau tadi ada teorinya, tentulah ada praktikumnya juga. Diploma 3 kan memang lebih full ke praktikumnya. Adek-adek juga jangan kaget juga di farmasi ini kita kan menjadi seorang penulis. Maksudnya apa ya ?
Hohoho..
Hampir Setiap harinya kita akan menulis tangan laporan praktikum. Pertamanya memang terasa berat belasan halaman ditulis tangan. Itu berlaku untuk 1 praktikum, 1 praktikum 1 laporan. Tetapi lama= kelamaan akan menjadi hal yang biasa dan tidak akan terasa berat, karena kita sudah biasa. Bukankah kita akan terbiasa kalau kita sudah biasa melakukannya ?
Jadi, jangan dibayangkan macam-macam juga yah. InsyaAlloh akan terselesaikan tepat waktu asal kita rajin juga dan dapat memanagemen waktu dengan baik.
Semangat ^_^
Saat praktikum berlangsung kita kan ditemani oleh tenaga laboratorium ( Mba Indah n Mba Siti )
Dan 2 orang asisten (kaka tingkat) yang akan membimbing kita selama praktikum. Jadi jangan takut sama asisten untuk bertanya apabila kita belum faham tentang materi yang akan di praktikumkan dan juga tata cara membuat obat dengan benar. Biasanya di awal praktikum nanti sudah dijelaskan langkah  membuat obatnya. Untuk sekali praktikum kita dituntut untuk menyelesaikan 2 resep obat. Kita ditunut harus DISIPLIN, TEPAT, dan CEPAT untuk membuat obat. Bisa dibayangkan kan saat kita bekerja, dan ada seorang yang menebus obat untuk pasien yang segera harus mendapat obat tersebut. Jadi di praktikum kita latihan melakukan hal tersebut. Pertama memang belum terbiasa, menimbangnya  belum bisa lancar dan cepat, nyari bahan obatnya, dan membuat laporan sementara yang lama. Jujur dulu praktikum pertama membuat obat di praktikum ilmu resep baru bisa membuat 1  , dan adek-adek apabila mengalami hal yang sama jangan putus asa, dan cenderung berfikir hal tersebut sulit untuk dilakukan, keep POSITIV THINGKING terhadap diri kita. Kita Pasti Bisa ^_^ insyaAlloh apabila mau berusaha, berdoa dan selalu semangat ya.
Tambahan di setiap praktikum akan diadakan pre/post test tentang apa yang akan dipraktikumkan, jadi saya sarankan sebelum praktikum belajar dulu yach .

3. Ilmu Resep
Mata Kuliah ini diampu oleh Bapak Anang kuncoro RS. Nanti di semester 1 ini kita kan diajarkan bagaiman menghitung dosis maksimum obat, meracik obat dengan benar,  menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi saat meracik obat dalam suatu resep misalnya acetosal yang tidak boleh digerus terlalu keras karena akan meusak komponen oenyusunnya sehingga menimbulkan bau asam. Kita juga akan diperkenalkan bahas latin yang ada pada resep .Intinya segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelesaaian suatu resep.
Ssssttt…Sekedar berbagi info saja Bapak Anang apabila mengajar bila ada yang rame tidak akan digubris, beliau akan tetap menjelaskan materi bagi yang menyimaknya saja, jadi apabila kita belum jelas jangan sungkan-sungkan bertanya, nanti akan dijelaskan dengan sabar sampai kita paham.

4. Praktikum Ilmu Resep
Hampir sama dengan praktikum Farmasetika, tetapi Farmasetika akan lebih menitikberatkan pada teknik membuat obat yang benar. Kalau Ilmu Resep lebih pada dapat menyelesaikan setiap resep dengan benar. Juga aka nada pre/post test di setiap pertemuan praktikum. Jangan lupa belajar dulu ya sebelum praktikum J.

5. Bahasa Inggris
Hanya semester 1 saja mata kuliah yang ada bahasa Inggrisnya. Jangan berfikir kalau bahasa inggris akan mempelajari grammar dan aturan bahasa inggris lainnya.
Tidak.
Mata kuliah  Inggris nanti akan cenderung pada reading, writing, dan translating. Dan cenderung mempelajari berbagai istilah dan kosa kata yang sering digunakan dalam  analytic chemistry n pharmacy. Asik kok ^_^

6. Kewarganegaraan
Banggakah kita menjadi bangsa Indonesia ?
Hayooo…, renungkan .
Kita harus bangga menjadi salah satu pemuda di negeri tercinta ini, negeri Indonesia walau berada di tengah carut marut dunia politik pemerintahan. Kalau kita sendiri tidak mencintai negeri ini, siapa lagi?.
Tentunya sebagai generasi penerus kita harus mempunyai wawasan nusantara tentang Negara kita ini.
Berbeda dengan pelajaran Pkn yang dulu pernah dipelari saat SD, SMP, SMA. Nantinya kita akan terjun langsung mengenal berbagai macam  kekayaan di negeri ini. Tempatnya di area Solo saja
7. Anatomi Fisiologi Manusia
Mata kuliah ini special karena setiap minggunya kita akan berganti dosen sesuai spealisasinya. Dan yang membuat special lagi, dosen nanti diimport dari fakultas kedokteran. Sebenarnya anatomi fisiologi merupakn hal yang berbeda , anatomi sendiri mempelajari struktur anatomi tubuh manusia, dari systema respiratoria (system pernafasan), systema digestive  (system pencernaan), systema urinaria de el el. Sedangkan fisiologi kita akan diajak untuk mempelajari system fisiologi dari tubuh kita seperti fisiologi dari system pencernaan, system pernafasn, system sirkulasi dan lainnya, lebih pada mekanisme system tersebut bekerja.

8. Praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia
Sama special  dengan teorinya, kegiatan praktikum juga akan dilaksanakan di laboratorium fakultas kedokteran. Laboratorium anatomi manusia yang didalamnya kita akan surprise mungkin pertama kali memasukinya.
Adek-adek siapkan mental, tissue, dan jangan lupa makan sebelum praktikum. Kalu bisa memakai kaca mata juga lebih baik.
Di praktikum anatomi seperti teorinya, kita akan diajak mempelajari anatomi manusia secara langsung pada obyek kajiannya. Yap, benar, Manusia.
Di dalam laboratoriumnya terdapat bebrapa cadaver, what’s cadaver ?
Cadaver adalah mayat manusia yang sudah diawetkan dengan metode tertentu dengan tujuan untuk penelitian dan untuk media pembelajaran.
Pengawetan dapat dilakukan menggunakan formalin, sehingga akan menimbulkan bau yang tajam dank has banget. Menimbulkan mata pedih, dan jika tidak tahan perut juga akan terasa mual-mual. Tetapi dibalik itu semua asik kok dek praktikumnya, pertama memang syerem lihat cadavernya yang bentuknya sudah hampir tidak bebentuk lagi layaknya manusia dan oleh asisten tertentu mungkin kita akan disuruh untuk memegang bagian yang sedang dipelajari. Subhanalloh. .seperti itukah yang ada did ala ubuh ini, begitu kompleks, begitu teratur, dan sudah terspesialisasi masing-masing tugas dari setiap organ. Membuat kita jadi lebih mengetahui kebesaran Alloh SWT yang telah menciptakan kita sebagai makhluk yang sempurna dibanding makhluk lainnya karena kita diberi akal dan nafsu. Senangtiasa kita harus selalu dan selalu Bersyukur ^_^ dengan menggunakan dengan sebaik-baiknya apa yang diberikan Alloh dan menjaga diri kita sendiri dari hal-hal yang negative yang dapat merugikan diri kita sendiri tentu.

 Saat praktikum kita juga akan ditemani bebarapa asisten, 1 asisten 1 kelompok. asisten juga dari kakak-kakak kedokteran. Untuk praktikum fisiologi biasanya diadakan berselang-seling dengan praktikum anatomi. Minggu pertama anatomi, minggu kedua fisiologi, kembali ke anatomi lagi seperti itu contohnya. Berbeda dengan praktikum anatomi, kita tidak akan menemukan cadaver lagi. Praktikum akan diadakan di laboratorium fisiologi. Dan setiap pertemuan akan melakukan praktikum yang berbeda. . Tidak ada pre/post test saat praktikum, InsyaAlloh.

9. Statistika Farmasi
Akan diampu oleh ketua Prodi Jurusan Farmasi yaitu Bapak Ahmad Ainurofiq,M.SI.,APT. Kita diajak untuk mempelajari stastistik diskriptif, menguji hipotesa, dan lainnya. Jangan anggap remeh mata kuliah ini walu hanya 1 sks akan tetapi sangat penting apabila kita menyajikan data untuk penelitian kita. Memang lebih ruwet dibandingkan dengan statistika matematika SMA dulu. Jika belum faham sebaiknya jangan malu untuk bertanya baik pada Bapak Rofiq, ataupun teman lainnya yang sudah faham materinya. Karena apabila UKD memang diuji kemampuan kita, ga ada tuh nyontek teman, dan perbuatan tercela lainnya. Hohoho_keburu waktunya habis. Kita juga wajib memgang kalkulator specific saat ujian berlangsung.
SEMANGAT adek-adek ku.
10. Praktikum Statistika Farmasi
Untuk praktikum Statistika Farmasi kita akan hijrah ke tempat laborat anak-anak TI di gedung A. Kita akan diperkenalkan software statistika yaitu salah satunya SPSS. Tentu setiap praktikum akan ditemani kakak-kakak asisten (jurusan matematika) yang akan membimbing kita selama praktikum. Tenang saja praktikum akan lebih mudah dibandingkan saat teori. Karena yang akan beroperasi adalah computer kia tinggal melakukan langkah sesuai petunjuk yang sudah dipelajari. Tidak ada pre/post test saa praktikum, InsyaAlloh.

11. Biologi Farmasi
Farmasi memang komplit yah ada biologinya juga. Subhmalloh. Obat-obatan kan tidak hanya obat kimia / obat sintetis saja ada juga obat herbal yang berasal dari berbagai bagian tanaman obat. Nah di farmasi tentu saja kita harus mengetahui berbagai tanaman obat yang dimiliki oleh tanah Indonesia ini. Di biologi farmasi kita akan diperkenalkan tanaman obat, mempelajari bagian-bagian dari tanaman dari ujung bawah akar sampai ujung daun dari tanaman.
ž  tata nama tanaman dan tata nama simplisia
ž  bagian-bagian dari tanaman yang digunakan sebagai obat
ž  pengolahan simplisia
ž  penilaian kualitas simplisia
ž  Cara pembuatan obat tradisional yang baik
12. Praktikum Biologi Farmasi
Secara langsung kita akan praktik membuat simplisia. Daritadi berbicara tentang simplisia, sebenarnya apakah simplisia itu ?
Simplisia adalah bahan alamiah yang dipergunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apapun juga dan kecuali dinyatakan lain simplisia merupakan bahan yang dikeringkan. Simplisia dapat berupa simplisia nabati, simplisia hewani dan simplisia pelican atau mineral.
Dari tahap panen sampai penyimpanan simpilisia. Kita akan ditemani kakak-kakak asisten dari jurusan Biologi. Pertamanya adalah praktikum pengenalan tanaman obat itu sendiri, mengenal bagian-bagian dari tanaman. Di praktikum ini juga kita akan membuat laporan untuk setiap pertemuannya, Berbeda dengan praktikum linny, di praktikum biofar kita menggambar setiap anaman obat yang disediakan beserta keterangan dan diskripsi tanaman tersebut. Tentu juga aka nada pre/post test say praktikum berlangsung. Tenang saja praktikum ini dibagi menjadi bebarapa kelompok.


Penutup
Cuma itu yang bisa kakak tulis,adek-adek apabila ingin tahu lebih atau kurang faham tetntang aa yang kaka tulis  jangan malu bertanya pada kakak-kakak, jika sekiranya bisa dijawab dengan senang hati akan menjawabnya. Memang di jurusan ini akan banyak menyita tenaga, pikiran dan waktu kita dibanding jurusan lain. Berangkat pagi-pagi, pulang sore, begadang buat laporan akan menjadi rutinitas. InsyaAlloh pasti akan terlewati semua dengan baik jika adek-adek tetap semangat, berusaha, berdoa, dan menjalankan semua dengan hati yang senang. Oih. .iya walau sepadat apapun kuliah kita, jangan lupa untuk tetap menjaga ruhiyah kita dengan beribadah dan menjaga amalan yaumi kita. Jadi tidak hanya mempersiapkan bekal kehidupan di dunia saja, di akhirat juga. Diusahakan tetap balance ^_^.
Swwwwuemangatttt yaakh ^o^





6 komentar:

  1. Biasanya praktek Farmasetika yang pertama tentang apa ya?

    BalasHapus
  2. NICE!! ^_^
    THANK YOU, KAKAK..

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat dan tentunya menyuburkan semangat yg sedang tumbuh.. trimakasih banyak ka..

    BalasHapus
  4. Terimakasih kakak, jadi punya sedikit gambaranT︵T

    BalasHapus
  5. Kak , kalau farmasi itu harus ya pintar Matematika????

    BalasHapus